Indikator Asam-Basa dari Jus Kol Merah, Kunir dan Kulit Buah Manggis

Indikator Asam-Basa dari Jus Kol Merah, Kunir dan Kulit Buah Manggis

Sebagaimana kita ketahui, asam dan basa memiliki sifat mengubah warna zat tertentu. Pada jus kol merah yang berwarna biru-violet, jika terjadi kontak dengan larutan asam maka larutan akan menjadi merah, sedangkan jika terjadi kontak dengan basa maka larutan akan menjadi hijau atau kuning. Mari kita coba menggunakan jus dari kol merah untuk mengukur pH berbagai jenis larutan.
Kita akan dengan mudah untuk menemukan kol merah di pasar atau penjual sayur. Kol ini disebut kol merah yang memiliki warna merah-ungu. Potong kubis dengan irisan kecil (Gambar 1). Masukkan irisan dalam panci dan tuangkan air yang cukup. Didihkan selama kira-kira setengah jam, kemudian matikan api dan biarkan suhu turun. (Gambar 2) Tuangkan cairan biru-violet yang telak Anda dapatkan ke dalam sebuah wadah. Irisan kol rebus bisa dimakan dan Anda dapat menggunakannya untuk masakan (Gambar 3).

Penggunaan Jus Kol Merah sebagai Indikator Asam Basa.

Tuangkan beberapa tetes cairan ini pada permukaan yang putih dan amati perubahan warna ketika dicampur dengan cuka atau dengan soda kue. Anda akan melihat bahwa cairan ini menjadi merah bila bercampur dengan cuka atau jus lemon, sementara itu menjadi hijau dalam bercampur dengan dengan soda kue. Fenomena ini tidak biasa, dan nantinya kita akan mencoba untuk menjelaskannya.

Tuangkan satu sentimeter jus kol merah ke dalam gelas transparan. Tambahkan air sampai setengah dari kaca. Sekarang, tuangkan cuka ke dalam gelas dan mengamati perubahan warna cairan. Ulangi percobaan dengan menambahkan sedikit soda kue. Juga dalam kasus ini, Anda akan melihat perubahan warna (Gambar 4).

Mempersiapkan Indikator pH Kol Merah.

Potong beberapa kertas putih berpori atau kertas karton ke dalam empat persegi panjang dan rendam dalam jus sehingga kertas menyerap larutan. (Gambar 5). Setelah sekitar setengah jam, keluarkan kartu dan jemur ditempat yang kering. Untuk melakukannya lebih cepat, Anda juga dapat mengeringkannya dengan pengering rambut (Gambar 6). Potong kartu dalam bentuk strip (Gambar 7). Simpanlah kartu kubis merah jika tidak langsung digunakan, indikator kertas ini tahan beberapa bulan. Simpanlahlah dalam amplop tertutup untuk mengurangi reaksi oksidasi, sehingga akan bertahan lebih lama. Masukkan sisa jus dalam botol. Setelah beberapa hari, jus ini berjalan rusak dan Anda harus membuangnya. Untuk menyimpan lebih lama, simpan dalam lemari es.

Cobalah melakukan eksperimen di atas mengunakan ekstrak atau jus kunyit/kunir (Gambar 10) dan ekstrak/jus kulit buah manggis. (Gambar 11)

Selamat mencoba.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: